Mekanisme Pertahanan Tubuh- Kekebalan Spesifik (adaptif)-

        Kekebalan adaptif dapat bersifat alami maupun buatan. kekebalan alami pasif diperoleh bayi dari ibunya saat dalam kandungan; sedangkan kekebalan adaptif alami aktif didapat misalnya melalui infeksi (menderita penyakit terlebih dahulu). Kekebalan adaptif buatan pasif berupa transfer antibodi dari orang lain, sedangkan kekebalan adaptif buatan aktif diperoleh melalui imunisasi.
        Berdasarkan sel yang terlibat dalam mekanisme, kekebalan adaptif dibagi menjadi dua, yaitu kekebalan humoral dan kekebalan yang diperantai sel (cell mediated immunity).
a. Kekebalan Humoral 
    Unsur yang paling berperan dalam kekebalan humoral adalh antibodi yang dihasilkan oleh sel-sel B limfosit. Antibodi ditemukan dalam humor (cairan) tubuh, misalnya darah dan cairan limfa dan berfungsi mengikat bakteri dan racun bakteri, serta menandai virus untuk dihancurkan lebih lanjut oleh sel darah putih.

Gambar 2. Gambaran umum respon kekebalan spesifik



    b. Kekebalan yang Diperantai Sel
        Faktor terpenting dalam kekebalan ini adalah sel-sel hidup, yaitu sel-sel T limfosit. sel-sel ini secara aktif melawan bakteri dan virus yang ada dalam sel tubuh yang terinfeksi. Sel-sel ini juga melawan protozoa, jamur, cacing parasit.

0 komentar:

Posting Komentar

Pendapatmu mengenai Blog pemb ini?

Games tetris (Rehat dulu yu :D)

Search

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...