Kelainan-kelainan Pada Sistem Pertahanan Tubuh

     Ketidakseimbangan, baik kekurangan maupun kelebihan, dalam sistem pertahanan tubuh dapat menimbulkan penyakit, antara lain sebagai berikut.
1. Imunodefisiensi
     Imunodefisiensi adalah keadaan dimana sistem kekebalan seseorang sangat lemah atau tidak mampu melakukan tugasnya melawan infeksi berbahaya. Imunodefisiensi dapat terjadi karena bawaan sejak lahir maupun muncul di waktu dewasa.
     Imunodefisiensi yang paling mematikan adalah AIDS ( acquire immune deficiency syndrome) yang disebabkan HIV (Human Immunodefiency virus). HIV menghambat kerja sel T helper sehingga menekan sistem kekebalan. Penderita AIDS umumnya meninggal karena komplikasi berbagai infeksi penyakit yang tidak dapat diatasi oleh sistem kekebalannya yang lemah.
Gambar 10. Penderita HIV/AIDS
2. Hipersensitivitas (Alergi)
    Hipersensitivitas adalah respon berlebihan terhadap antigen tertentu. Dalam peristiwa alergi, sistem kekebalan dapat menyebabkan kerusakan jaringan ketika berusaha melakukan perlawanan. Antigen yang menyebabkan alergi disebut alergen.
Gambar 11. Penderita alergi
3. Autoimunitas
   Autoimunitas adalah kegagalan sistem kekebalan untuk mengenali sel tubuhnya sendiri. Sistem kekebalan menganggap sel tubuhnya sebagai antigen dan menghasilkan antibodi untuk melawannya.Contoh: Penyakit Lupus.
Gambar 12. Penderita Lupus

4.  Isoimunitas
     Isoimunitas adalah keadaan dimana tubuh mendapatkan kekebalan dari individu lain yang melawan sel tubuhnya sendiri. Isoimunitas dapat muncul akibat transfusi darah atau karena cangkok organ dari orang lain.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bu, kenapa penyakit lupus bisa terjadi dan bagaimana cara mencegahnya dan bila ada obatnya , apa?
Rina.O.J
XI.IPA.B

Anonim mengatakan...

ibu, contoh dari Isoimunitas itu apa?
dan apa bisa di obati?

Tina Septiani
XI IPA B

Poskan Komentar

Pendapatmu mengenai Blog pemb ini?

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Search

Memuat...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...