Organ Penyusun Sistem Pertahanan Tubuh

Gambar 1. Organ Penyususn Sistem pertahanan Tubuh

a.      Tonsil ialah jaringan lymphatic yang terdiri dari kumpulan-kumpulan limposit dan fungsinya ialah memproduksi limposit dan antibodi yang kemudian akan masuk ke dalam cairan lymph (Kurnadi,2008:42).
b.      Limpa ialah sebuah kelenjar berwarna ungu tua yang terletak di sebelah belakang lambung. Limpa berfungsi sebagai: 1) tempat pembentukan sel darah putih; 2) Tempat cadangan sel darah; 3) tempat pembongkaran sel darah merah yang sudah mati; 4)Tempat membunuh kuman-kuman penyakit (Syamsuri, 2007:145).
c.     Thymus suatu jaringan lymphatic yang terletak sepanjang trakea di rongga dada bagian atas.Thymus membesar sewaktu pubertas dan atrophy (mengecil) setelah dewasa. Fungsi thymus ialah memproses limposit muda menjadi Limposit T.Limposit T yang terbentuk kemudian berimigrasi menuju jaringan-jaringan limfatik lainnya (Kurnadi,2008:14). 
d.   Sumsum Tulang termasuk jaringan limfatik yang memproduksi limposit muda yang akan diproses pada thymus atau tempat-tempat lainnya untuk menjadi Limposit T dan Limposit B (Kurnadi,2008:143).

0 komentar:

Posting Komentar

Pendapatmu mengenai Blog pemb ini?

Search

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...